Beranda | Artikel
Syirik Perkara Yang Merusak Ubudiyah - Kitab Al-Ubudiyah (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)
Kamis, 28 Desember 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Syirik Perkara Yang Merusak Ubudiyah – Kitab Al-‘Ubudiyah merupakan bagian dari kajian kitab “العبودية (Al-Ubudiyah)” karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah. Kitab ini membahas berbagai permasalahan yang berkaitan dengan ibadah dan penghambaan diri. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim.

Download kajian sebelumnya tentang Pentingnya Perkara Ubudiyah dalam Islam – Kitab Al-‘Ubudiyah

Kajian Kitab Al-Ubudiyah: Syirik Perkara Yang Merusak Ubudiyah

Kesyirikan mendominasi pada jiwa-jiwa manusia. Hal ini sesuai dengan yang disebutkan dalam hadits bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, “kesyirikan diumatku ini lebih samar daripada merayapnya semut…”.

Apa maksud dari hadits di atas?

Yakni bahwa peluang terjadinya kesyirikan sangat besar. Bahkan dari perkara-perkara yang kadang manusia tidak menyangka. Banyak orang menyangka bahwa syirik itu hanya ketika datang meminta-minta ke kuburan, menyembah berhala secara langsung, datang ke pohon-pohon besar membawa sesajen, mendatangi dukun, dan lain-lain. Jelas itu semua adalah kesyirikan, tapi hal-hal yang awalnya tidak disangka membawa kepada kesyirikan pun bisa membawa kita kepada kesyirikan. Contohnya adalah  kecintaan kepada harta, kecintaan kepada anggota keluarga, atau memperturutkan hawa nafsu, dan lain-lain. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

تَعِسَ عَبْدُ الدِّيْنَارِ تَعِسَ عَبْدُ الدِّرْهَمِ،…

“Celakalah hamba dinar, celakalah hamba dirham, …” (HR. Bukhari).

Dalam Al-Qur’an Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

أَرَأَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ إِلَـٰهَهُ هَوَاهُ أَفَأَنتَ تَكُونُ عَلَيْهِ وَكِيلًا ﴿٤٣﴾

Terangkanlah kepadaku tentang orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya. Maka apakah kamu dapat menjadi pemelihara atasnya?,” (QS. Al-Furqon [25]: 43)

Apa hukum menghambakan diri kepada selain Allah? Tentu ini kesyirikan. Hal-hal seperti ini, mencintai sesuatu asalnya dalam hal-hal yang dihalalkan boleh, tapi hawa nafsu bisa mendominasi sehingga menjadikan cinta itu lebih daripada kepada Allah. Ini akan berpotensi membawa seseorang kepada kesyirikan.

Simak dan Download Kajian Kitab Al-Ubudiyah: Syirik Perkara Yang Merusak Ubudiyah



Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30024-syirik-perkara-yang-merusak-ubudiyah-kitab-al-ubudiyah-ustadz-abdullah-taslim-m/